Selasa, 20 Maret 2012

Mitos dan fakta mengenai down syndrome


Masyarakat masih banyak yang tidak mengetahui mengenai down syndrome, berikut adalah mitos yang beredar di masyarakat & fakta yang sebenarnya mengenai hal tersebut, yang diambil dari www.ndss.org :
Mitos : Down syndrome merupakan kelainan genetik yang jarang terjadi.

Fakta: Down syndrome merupakan suatu kelainan genetik yang paling sering terjadi. Sekitar 1 dari 691 bayi yang dilahirkan memiliki down syndrome. Di Amerika serikat sendiri saat ini terdapat > 400.000 orang dengan down syndrome.
Mitos : Orang dengan down syndrome memiliki angka harapan hidup yang rendah.
Fakta : Angka harapan hidup pada orang dengan down syndrome telah meningkat pesat kahir-akhir ini, dengan angka harapan hidup yang hampir menyamai orang yang tidak memiliki down syndrome.
Mitos : Kebanyakan anak yang memiliki down syndrome lahir dari ibu yang berusia lebih tua.
Fakta : Sebagian besar anak dengan down syndrome terlahir dari ibu yang berusia < 35 tahun karena wanita yang lebih muda biasanya mempunyai lebih banyak anak. Akan tetapi angka kejadian anak yang lahir dengan down syndrome akan meningkat seiring dengan meningkatnya usia ibu saat hamil.
Mitos : Orang dengan down syndrome mempunyai keterbelakangan mental yang berat.\
Fakta : Sebagian besar orang dengan down syndrome memiliki IQ antara tingkat rendah sampai sedang pada IDDS. Akan tetapi anak dengan down syndrome dapat berpartisipasi secara penuh pada kegiatan di sekolah mereka.
Mitos : Kebanyakan orang dengan down syndrome memerlukan perawatan di tempat khusus.
Fakta : Saat ini, banyak orang dengan down syndrome yang hidup dengan keluarga mereka di rumah & berpartisipasi secara aktif pada kegiatan belajar, sosial & rekreasi di lingkungannya.
Mitos : Orang tua akan sulit menemukan komunitas yang dapat mendukung anak dengan down syndrome.
Fakta : Saat ini sudah ada komunitas-komunitas yang dapat sebagai tempat untuk berbagi cerita atau saling mendukung kepada orang tua yang memiliki anak dengan down syndrome, seperti misalnya bisa dilihat disini : www.isdijakarta.org atau disini : www.potads.com
Mitos : Anak dengan down syndrome harus ditempatkan di sekolah khusus.
Fakta : Anak dengan down syndrome dapat di tempatkan di sekolah umum, ada yang diikutkan dalam kelas khusus atau bergabung dengan murid lainnya dalam kelas umum. Trend terbaru untuk pengajarannya adalah penggabungan dalam kehidupan sosial & edukasi.
Mitos : Anak dengan down syndrome selalu merasa bahagia.
Fakta : Orang dengan down syndrome memiliki perasaan sama seperti orang lainnya. Mereka dapat merasakan berbagai macam emosi. Mereka akan merespon ekspresi positif seperti pertemanan ataupun merasa sedih bila diganggu.
Mitos : Orang dewasa dengan down syndrome tidak dapat membentuk hubungan personal dengan orang lain yang menuju pernikahan.
Fakta : Orang dengan down syndrome juga dapat berhubungan dekat, bersosialisasi ataupun menjalin hubungan hingga pernikahan.
Mitos : Down syndrome tidak akan dpaat disembuhkan.
Fakta : Penelitian mengenai down syndrome telah berkembang pesat, dengan keberhasilan mengidentifikasi gen pada kromosom 21 yang menyebabkan terjadinya karakteristik down syndrome. Para ilmuwan merasa yakin akan dapat meningkatkan, memperbaiki ataupun mencegah masalah-masalah yang berhubungan dengan down syndrome dimasa yang akan datang.
Source: zahrakamilah.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar