Kamis, 01 Maret 2012

Sejarah sepeda dari awal terbentuknya sampai sekarang



Belakangan kita sering melihat anak2 muda mengendarai sepeda di jalan raya, berwarna warni dan kalau dilihat secara seksama, kesamaan mereka terletak pada gear dan rem, satu gear & tanpa menggunakan rem, sepeda jenis ini begitu populer sekarang dgn nama fixie, berikut apa dan bagaimana lahirnya sepeda hingga sampai ke desain fixie & folding.

Sejarah awal sepeda sepertinya masih sedikit membingungkan. Beberapa artikel merujuk pada sebuah sketsa sepeda yg diakui buatan Gian Giacomo Caprotti, seorang murid Leonardo Da Vinci sekitar tahun 1490an. Namun keotentikan sketsa ini msh diragukan, dan diteliti oleh pihak sejarah & kebudayaan Italia.
 
Spoiler for Bike1:


Masih ada beberapa pengakuan lain tentang asal usul sepeda
namun sepertinya sampai saat ini, fakta kemunculan sepeda yg cukup diakui adalah pada tahun:


1817: Draisienne

Seorang Jerman bernama Baron Karl von Drais menciptakan Laufmaschine (mesin berlari), yg kemudian dikenal dgn nama Draisienne. Struktur Draisienne hampir seluruhnya terbuat dari kayu, memiliki setang kemudi, namun tdk memiliki pedal utk dikayuh. Pola pergerakan Draisienne sama seperti saat menggunakan otopet ataupun skateboard, yaitu menggunakan kaki yg mengayuh bukan ke pedal, tapi langsung ke tanah (jadi ingat mobil The Flinstones). Von Drais mematenkan ciptaannya pada tahun 1818, dan kemudian lebih dikenal lagi dgn nama Velocipede. 


1839
Sepeda pertama yg memiliki mekanisasi putaran roda diciptakan Kirkpatrick MacMillan, seorang pandai besi dri Skotlandia. Teknik pergerakan roda pada sepeda ini hampir sama dgn teknik pd lokomotif kereta uap. Ide MacMillan ini kemudian diimprovisasi olh seorang Skotlandia lain bernama Thomas McCall pada tahun 1860. 
 


1860-1865: Bone-Shaker
Pertama kali sistem Pedal dan Crank diaplikasikan pd sepeda, persisnya pada roda depan. Siapa yg menciptakan sistem ini masih menjadi pertanyaan, karena ada beberapa pihak yg mengajukan klaim atas ide tersebut. Yg jelas, menempatkan pedal pd roda depan terbukti bukan ide yg sempurna, karena akn membuat pengendara sulit mengemudi karena goncangan pd roda akibat kayuhan. Rangka kayu kemudian digantikan oleh besi.
Namun dgn desain yg rigid, rangka & roda besi, serta kondisi jalanan yg berbatu2 pd masa itu membuat sepeda ini dikenal dgn nama Bone-Shaker. 


1868
Sepeda pertama yg menggunakan ban karet dan Ball-Bearing digunakan James Moore dalam lomba sepeda yang pertama kali diadakan. 


1870: High-Wheeler
James Starley, seorang Perancis menciptakan sepeda pertama yg menggunakan roda depan yg sngt besar, yg dikenal dgn nama Penny-Farthing. Penny-Farthing sebenarnya adalah pengembangan lebih lanjut dari Bone-Shaker. Roda depan yg besar membuat pengendara dpt berjalan lebih jauh untuk setiap rotasinya, dan jg resiko yg besar apabila berhenti mendadak ataupun meluncur pd turunan, karena jatuhnya pasti lebih sakit. 
Sepeda ini sangat populer pada tahun 1880an, dan merupakan sepeda pertama yg mendapat sebutan Bicycle (dua roda). Bagaimanapun, yg menyandang nama Bpk Sepeda Tinggi (High Bicycle/High Wheeler) justru seorang Perancis lain bernama Eugene Meyer, bukan Starley.


1874
Sepeda pertama yg menggunakan rantai pada roda belakang diciptakan oleh H.J. Lawson. 
 


1878: Portable Bicycle
W.H.J. Grout mematenkan High Wheeler versi portabel. Beberapa pihak ada yg menyatakan bhw inilah sepeda lipat yg pertama di dunia. Namun sesungguhnya sistem yg diperkenalkan Grout adalah bongkar-pasang (disassemble-able), bkn sepenuhnya sistem lipat. 


1885: Safety Bicycle
John Kemp Starley memperkenalkan Rover, sebuah Safety Bicycle sebagai pembaharuan dri High Bicycle yg berbahaya. Model safety bike ini sdh dilengkapi dgn berbagai unsur yg dimiliki sepeda modern.


1893: Folding
Seorang Amerika bernama Michael B. Ryan akhirnya mematenkan sepeda lipat yg sesungguhnya. 
 


1896: Recumbent
Recumbent Bicycle muncul pertama kali. Model Recumbent adalah tipe sepeda dmn pengendara dpt duduk bersandar atau bahkan rebahan. Umumnya sepeda Recumbent memiliki roda dpn lebih kecil dari roda belakang. 
1900-1950
Awal abad 20, 1900–1910, popularitas speda tersaingi olh kehadiran teknologi baru bernama mobil. Tahun 1920 & selanjutnya sepeda mulai dianggap sebagai mainan anak2 ketimbang sebuah alat transportasi. Namun diera inilah munculnya sepeda jenis Cruiser. 

Jenis yg terkenal utk ketahanan & jg beratnya ini diperkenalkan oleh Schwinn pada tahun 1933, serta menjadi populer pada 1940-1950. Bentuk Cruiser menyerupai sepeda motor pd masa itu, hanya saja tanpa motor.


sumber : kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar