Jumat, 08 Juni 2012

Metaflex : Jubah kamuflase Masa Depan

http://angkatigabelas.blogspot.com/

Pernah melihat film Harry Potter? Kalo sudah, ada satu adegan yang cukup menarik, yakni ketika harry potter memakai jubah pemberian ayahnya ia tidak terlihat oleh orang-orang sekitar. Inilah yang kita kenal dengan kamuflase. Walau itu sebuah fiktif dan terjadi dalam sebuah film, Tapi baru-baru ini ilmuwan didunia sedang mencoba untuk membuat alat seperti itu. Berikut penelusuran serupedia.

Metaflex Future Camouflage adalah alat yang sedang dikembangkan itu. Ilmuwan Skotlandia mengembangkan kamuflase dengan menciptakan materi yang disebut Metaflex. Materi ini saperti jubah menghilang Harry Potter. Pemakai akan menjadi tak tampak karena materi Metaflex membengkokkan cahaya ketika sampai di permukaannya. Jubah hilang ini diuji tahun ini dan berpotensi dapat digunakan sebagai senjata pertahanan.

Jubah diharapkan di masa depan dapat memberikan jalan untuk memproduksi kain yang dapat memanipulasi cahaya.Metamaterial telah dikembangkan untuk membelokkan dan menyalurkan cahaya sehingga objek dapat tidak terlihat pada panjang gelombang yang lebih jauh.

Cahaya yang dapat terlihat memberikan tantangan yang lebih besar karena panjang gelombangnya yang pendek menjadikan atom metamaterial haruslah sangat kecil. Sejauh ini atom yang kecil dan membelokkan cahaya hanya dapat dibuat di permukaan yang rata dan keras, dan tidak cocok digunakan pada pakaian. Tetapi ilmuwan dari University of St Andrews di Skotlandia percaya bahwa mereka telah memecahkan masalah ini.

mereka telah menghasilkan `membran` metamaterial yang fleksibel menggunakan teknik yang membebaskan meta-atom dari permukaan keras dimana mereka terbentuk. Metaflex dapat beroperasi pada panjang gelombang sekitar 620 nanometer, atau sekitar sepanjang panjang gelombang cahaya tampak.
sumber:http://www.serupedia.com/2012/06/metaflex-jubah-kamuflase-masa-depan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar