Sabtu, 02 Juni 2012

Supernatural Science EVP - Alat Pendengar Dunia Gaib

http://angkatigabelas.blogspot.com/

Alat Pendeteksi kehidupan supranatural | alat pendengar dunia ghaib | Apa itu Supernatural Science EVP | bagaimana cara kerja Supernatural Science EVP?
Sebelum mulai lebih jauh lagi lagi saya akan memberi batasan bahwa pembahasan disini hanya untuk memberi tahu apa itu EVP dan bagaimana cara kerja nya, saya harap postingan ini tidak membuat kita untuk berfikir klenik. Oke, bisa di mulai ya?

EVP adalah kependekan dari Electronic voice phenomenon, berbeda dengan ORBS yang ditangkap oleh media visual berupa kamera, EVP berupa sebuah media perekam suara (voice) untuk mendeteksi kehidupan supranatural. Orang-orang yang mempelajari EVP menggunakan beberapa jenis perangkat untuk merekam suara. adakalanya mereka menggunakan kaset kuno / reel-to-reel recorder atau perekam digital yang lebih modern. Sebagian besar peneliti mengatakan biaya perekam tidak penting karena alat perekam yang murah ataupun yang mahal sama sama bisa bekerja dengan baik.Oyah mungkin ada teman teman yang sudah menonton film White Noise bukan? nah disitu lah ada sebuah alat pendengar dunia gaib, nah alat itu lah yang disebut dengan EVP.



Kapan ide pertama mengenai EVP itu mucul ? dialah Thomas Alva Edison yang memulai minat akan EVP pada tahun 1920ketika itu ia meramalkan bahwa di masa depan akan ada mesin yang akan memungkinkan hidup untuk berkomunikasi dengan roh-roh. Friedrich Jurgenson(seorang sutradara dari Swedia) secara tidak sengaja menemukan fenomenal EVP ketika merekam kicau burung ia tenyata merekam suara yang dia kenal sebagai suara Ibunda nya yang telah empat tahun meninggal dunia.
Bagaimana seorang peneliti supernatural science EVP tersebut bekerja ? Mereka memasang mikrofon eksternal ke alat perekam, satu dengan kabel yang cukup panjang sehingga menghindari mengambil suara tape recorder itu sendiri. Mikrofon eksternal juga memungkinkan peneliti untuk merekam pikiran nya ketika proses sedang berlangsung. Headphone sering digunakan karena banyak suara yang lembut dan sulit untukdi dengar.



Gambar seorang peneliti sedang melakukan perekaman disebuah rumah sakit jiwa (Manteno State Mental Hospital) yang telah dibiarkan kosong, konon rumah sakit jiwa ini pernah di gunakan sebagai tempat penyiksaan dan pembunuhan


Apa yang dilakukan setelah merekam ? Setelah membuat rekaman, peneliti mendengarkan kaset hasil rekaman berulang-ulang, mendengarkan dengan teliti apapun yang menyerupai suara. Terkadang para peneliti juga menggunakan komputer untuk menganalisis suara-suara apapun yang muncul. Berikut adalah contoh dari proses analitis yang di lakukan The Ghost Investigators Society



Bentuk gelombang: layar ini menunjukkan pola suara langsung setelah input ke dalam komputer untuk di analisis




Statistik layar: Setelah melihat pola gelombang, para peneliti melihat bentuk statistik gelombang . Hal ini pada dasarnya memberikan susunan sampel suara itu sendiri, seperti pitch, amplitudo dan sample rate




Analisis grafik: Setelah melihat statistik dari bentuk gelombang, para peneliti membandingkan hasil analisis grafik. Setelah melakukan itu, peneliti mengambil semua informasi yang dikumpulkan dari bentuk gelombang dan menentukan apakah sampel suara tersebut termasuk suara gaib yang dimaksut EVP atau hanya suara suara tersesat yang kebetulan tertangkap oleh Microfone penangkap



Apakah dalam penelitian EVP menggunakan sebuah software khusus? jawaban nya adalah iya. Para peneliti juga dapat menggunakan perangkat lunak(software khusus) untuk membuat rekaman suara lebih terdengar. Mereka menggunakan perangkat lunak untuk menghilangkan suara latar belakang, untuk meningkatkan kekuatan suara, menghilangkan suara suara lain yang tidak di inginkan seperti suara dari perangkat perekam sendiri (suara suara tombol). Temen temen mungkin ada yang mau "iseng" nyoba bisa Download softwarenya DI SINI size nya 5.4 mb(System Requirements: Macromedia/Adobe Flash, Speakers)

Nah, sekarang sudah tahu kan apa yang di maksud dengan EVP ? semoga saja tulisan di situs saya ini bisa menambah perbendaharaan pengetahuan teman teman semua, hanya ada satu hal yang ingin saya tekankan disini, penjelasan EVP diatas bukan mengajak teman teman berfikir klenik, hanya menjabarkan bagaimana sebuah dunia supernatural di jelaskan dalam science. semoga berkenan dan atas kunjungan nya saya ucapkan terima kasih.
sumber: http://4empat.blogspot.com/2012/06/supernatural-science-evp-alat-pendengar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar