Jumat, 30 Januari 2009

Beberapa tips atasi Error di Blogger

Seringkali kang Rohman menerima pertanyaan melalui kotak komentar ataupun melalui email seputar pesan error yang muncul ketika melakukan Proses edit HTML untuk template blogger.

Error  yang di sampaikan sangat beragam, mulai ID Widget seharusnya unik, template tidak welformed karena ada yang harus di tutup, dan ada juga pesan error nya yang keluar kode BX-….

Bagaimana cara mengatasi pesan-pesan error tersebut? untuk ID Widget seharusnya unik, kang Rohman pernah posting bagaimana cara mengatasi error ini, anda bisa membacanya pada artikel ID Widget seharusnya unik. Untuk mengatasi error karena ada kode yang harus ditutup, berarti anda memasukkan sebuah kode yang tidak di tutup, misalkan anda memasukkan kode meta verify yang di berikan oleh yahoo seperti ini :

<meta content='acc338bdb31a8e100' name='y_key'>

Walaupun kode tersebut di berikan oleh yahoo, akan tetapi apabila di masukkan ke dalam kode template blogger pasti akan selalu error. Untuk mengatasinya yaitu anda harus menambahkan kode penutupnya. Karena ini merupakan kode meta (perhatikan awal kode <meta ), maka penutupnya juga adalah meta yang mempunyai garis </meta>, contoh :


<meta content='acc338bdb31a8e100' name='y_key'></meta>


Atau untuk kasus seperti ini, anda cukup menambahkan tanda garis miring ( / ) pada ujung kode meta tersebut, contoh :


<meta content='acc338bdb31a8e100' name='y_key'/>


Itu adalah merupakan contoh saja, yang perlu di ingat adalah apa yang anda lakukan sebelum muncul kode error tersebut, itu tentunya satu yang bisa menjadi patokan.


Lalu bagaimana dengan error seperti di bawah ini :



Maafkan kami, tapi kami tidak dapat menyelesaikan permintaan Anda.
Saat melaporkan galat ini ke Layanan Bantuan Blogger atau pada Kelompok Bantuan Blogger, jangan lupa:



* Jelaskan apa yang Anda lakukan sebelum galat ini muncul.
* Sediakan kode galat dan informasi tambahan berikut ini.



bX-v49cve



Informasi tambahan
host: draft.blogger.com
uri: /home



Informasi ini akan membantu kami melacak masalah Anda dan menyelesaikannya. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.



 


 


Untuk error seperti di atas sedikit sulit (atau memang kang Rohman yang belum tahu yah Blushing), namun menurut pengalaman pribadi kang Rohman error-error tersebut muncul ketika kang Rohman memakai browser FireFox versi 3.0.x, ketika kang rohman coba dengan browser lain, terkadang error yang seperti tadi tidak muncul kembali, terutama apabila memakai browser Google Chrome. Oleh karena itu, untuk sementara waktu kang rohman menyarankan agar anda memakai browser Google Chrome apabila sedang melakukan edting template di blogger. Bagi anda yang belum mempunyai browser google chrome, anda bisa mendownload nya secara gratis di :


Google chrome http://www.google.com/chrome 


Yang terpenting dari semua ini adalah semoga anda tidak menemukan error apapun ketika melakukan editing template yang terkadang membuat hati kita menjadi dongkol.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar