Jumat, 12 Juni 2009

Tips Membeli Domain

Sebagai lanjutan artikel sebelumnya tentang Mengenal domain dan hosting, maka artikel ini akan sedikit mengulas tentang tips membeli domain. Sekilas, membeli domain adalah merupakan hal yang mungkin dianggap sepele. Anggapan tersebut mungkin saja  benar adanya, namun jika anda tidak hati-hati dalam membeli domain, maka mungkin saja akan menjadi masalah serius di kemudian hari, karena sebuah domain ibarat sebuah merk dagang yang bila namanya sudah termasyur akan menjadi sesuatu yang amat berharga untuk di amankan, jangan sampai barang berharga tersebut tidak bisa anda kendalikan padahal itu adalah milik anda.

Berikut yang sekiranya kang Rohman anggap penting dalam membeli sebuah domain :

 

  • Beli Domain Pada Tempat Terpercaya

Belilah domain pada tempat terpercaya. Jika anda menemui website yang menjual domain, carilah informasi tentang website tersebut, jangan gampang tergiur dengan harga yang sangat murah. Untuk mencari informasi tersebut, minimal anda bisa mencari keterangan melalui search engine seperti google, atau anda tanya ke teman-teman blogger anda.

 

  • Customer Service Yang Jelas

Pastikan bahwa tempat anda membeli domain mempunyai customer service yang mudah untuk dihubungi, jika memungkinkan cari yang supportnya sampai 24 jam,

 

  • Akses Kontrol terhadap Domain Yang dibeli

Sebenarnya point ini yang ingin kang Rohman tekankan yaitu akses kontrol terhadap domain anda. Sebelum membeli domain, pastikan bahwa nantinya anda bisa login ke akses kontrol domain anda, karena dari akses kontrol domain inilah anda nantinya bebas menentukan pengaturan yang di inginkan. Contoh, anda bisa mengubah Name Server sehingga anda bebas mau di arahkan kemana.

 

Bingung? mungkin jika membaca artikel berikutnya tentang hosting akan tercipta mata rantai yang akan membuat anda mengerti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar