Selasa, 10 April 2012

Casablanca, Mall berisi Aquarium Raksasa Berisi Ribuan Ikan


JIKA biasanya di pusat perbelanjaan, pengunjung hanya melihat baju, makanan dan hiburan lainnya, tapi berbeda di sebuah mal Casablanca di Maroko. Di sana, pengunjung akan menemukan ribuan ikan di sebuah akuarium raksasa berisi 264.000 galon air.

Di balik panel akuarium Aquadream, 3.000 hewan laut berenang di Mal Casablanca. Akuarium ini terletak tepat di tengah pusat perbelanjaan sehingga bisa langsung terlihat dari berbagai arah. Pengunjung bisa menikmati gerakan ribuan ikan dari atas. Pengunjung juga bisa mendekat ke akuarium melalui tangga atau pun lift di pusat perbelanjaan tersebut.

Dengan tinggi sekitar 9 meter, Aquadream menjadi akuarium terbesar di dunia yang berada di sebuah pusat perbelanjaan. Tangki akuarium ini berbentuk kerucut seperti gelas besar di tengah, seolah-olah memberikan sensasi bahwa para pengunjung mal sedang berada di bawah air.

Diameter tangki bagian bawah berukuran sekitar 12 meter dan 15 meter di bagian atas, dengan panel akrilik yang memiliki ketebalan sekitar 12,7 cm. Di dalam ruang mesin terdapat peralatan yang sangat besar untuk menjaga 3.000 binatang laut itu tetap fit dan sehat. Sistem pendukung kehidupan ini juga mengubah pasokan air tawar menjadi air asin dengan garam buatan, sedangkan sistem penyaringan air beroperasi setiap jam.

Siapa sebetulnya pemilik ide brilian ini? Ternyata dia adalah Manajemen Konsep Internasional (ICM). Perusahaan Amerika Serikat (AS) ini ingin menawarkan pengalaman menarik sekaligus pendidikan yang menekankan pentingnya menjaga lautan.

”Kami mendapat banyak pengetahuan ketika membangun akuarium silinder AquaDom di Berlin. Aquadream menawarkan tantangan yang rumit dari mulai proses mendesain dan membuatnya. Proyek ini juga menguji keahlian kolektif kami hingga kami berhasil merancang dan membangun akuarium yang memenuhi visi tersebut, sembari kami tetap menjaga standar keselamatan yang ketat,” papar CEO ICM Roger Reynolds

Meski menolak mengatakan berapa biaya pembuatan akuarium raksasa tersebut, diprediksikan harganya mencapai jutaan poundsterling. Sayangnya, pembangunan akuarium raksasa ini sempat membuat beberapa pihak kekhawatiran karena lokasi pusat perbelanjaan itu berada di daerah yang rawan gempa bumi.

Di sana gempa bumi kerap terjadi dan sudah dianggap kejadian biasa. Karena itu, ada kekhawatiran jika gempa bumi akan merusak akuarium tersebut dan membuat semua hewan air itu mati. Untungnya, pembuat akuarium berhasil menjawab kekhawatiran tersebut. Mereka mengatakan telah merancang akuarium itu mampu menghadapi gempa bumi. Akuarium ini dibangun di atas landasan beton terpisah yang tidak menyatu dengan landasan beton gedung perbelanjaan.

”Salah satu tantangan yang kami hadapi adalah adanya aktivitas gempa bumi. Terlebih Mal Casablanca ini terletak di zona seismik yang relatif tinggi. Keamanan merupakan hal terpenting dalam desain kami,” terangnya.

Tangki akuarium menggunakan bantalan untuk meredam guncangan gempa dan mengisolasi setiap gerakan gempa di seluruh bagian mal selama gempa bumi














sumber :  http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13914675 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar