Selasa, 10 Juli 2012

Jalan Raya yang Bisa Menyerap Zat Berbahaya yang Keluar dari Knalpot

Para pembaca, mari kita berdoa bahwa apa yang sedang dikembangkan oleh peneliti dari Univeristy of Eindhoven, Belanda benar-benar bisa terealisasi.

Saat ini mereka sedang menciptakan sebuah lapisan untuk digunakan di jalan raya, terutama jalan raya dengan jenis beton (tapi aspal juga bisa) yang bisa menyerap asap knalpot yang berbahaya.


Lapisan ini dapat menyerap zat NOx (Nitrogen Oxide) sekitar 25-45% yang dikeluarkan dari asap knalpot sehingga asap yang keluar dari kendaraan, terutama bis atau truk, tingkat polusinya akan sedikit berkurang.

Kerennya, zat yang terserap dan dinetralisir di dalam lapisan tersebut otomatis akan hilang bila hujan turun atau disiram dengan air dan tentu saja kita tidak perlu kuatir karena walaupun terbawa air, zat tersebut sudah tidak berbahaya lagi.

Sayangnya, dengan menggunakan lapisan ini, biaya pembuatan jalan menjadi 50% lebih mahal dan memang masih lama juga sih untuk bisa terealisasi.

Nah, bayangkan saja kalau ini diterapkan di Indonesia, pasti tingkat polusi kita tidak setinggi saat ini dan mungkin anak cucu bisa melihat awan yang indah lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar