Minggu, 08 Juli 2012

San Marino : Negara Tertua di Dunia


Negara manakah yang menyandang sebagai negara tertua di dunia?. Inilah hasil investigasi serupedia.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah Negara San Marino yang berdiri 301 Masehi. Sudah lama sekali memang. Meskipun adalah negara merdeka sendiri tetapi masih tergantung pada Italia yang mengelilinginya.Giuseppe Garibaldi yang menyatukan Italia pada tahun 1860 pernah menyembunyikan diri dari musuh di San Marino. Di sana beliau mendapatkan bala bantuan dari pemimpin San Marino dan rakyatnya untuk meneruskan perjuangannya. Maka itu Giuseppe Garibaldi berjanji bahwa San Marino akan tetap menjadi negara merdeka sendiri.

Republik San Marino merupakan negara terkecil ke lima di dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.

San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat persekusi agama oleh Kaisar Romawi Diocletian. Konstitusi San Marino diberlakukan pada 1600, adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar