Jumat, 08 Februari 2013

Telapak Tangan akan Gantikan Kartu ATM di Jepang


telapak tangan manusia

Jepang - Gempa bumi dan tsunami yang melanda Jepang tahun lalu membuat banyak korban selamat tidak dapat mengakses dana mereka di bank karena buku tabungan dan kartu yang mereka punyai tersapu air. Hal ini mendorong sebuah bank di Jepang untuk mengembangkan ATM yang menggunakan teknologi pemindai telapak tangan sehingga tidak perlu kartu atau buku tabungan.
Ogaki Kyoritsu Bank (OKB) mengatakan bahwa sistem yang tadinya direncanakan akan dikenalkan pada September kemarin dikembangkan oleh Fujitsu dan bekerja dengan menganalisis pola unik telapak tangan seseorang.
Di Jepang beberapa bank telah menggunakan teknologi pengenal telapak tangan di ATM tetapi masih membutuhkan kartu atau buku tabungan. OKB mengklaim sebagai yang pertama di dunia dengan sistem yang tidak membutuhkan kartu. Untuk tambahan keamanan, nasabah akan diminta memasukkan nomor PIN dan tanggal lahir.
Sistem ini tidak diragukan lagi akan berguna dalam keadaan bencana. OKB juga berharap sistem barunya akan lebih praktis bagi mereka yang perlu menarik uang tapi lupa membawa kartu. Dengan tagline “You are the cash card” sistem ini akan dikenalkan di 10 bank OKB termasuk di kota terbesar negara tersebut, Nagoya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar